Pages

01/03/12

11 Cara Darurat Menyembuhkan Rasa sakit

Menjelang dan sesudah hari raya, biasanya tubuh terasa pegal-pegal dan ada saja rasa tak enak yang dialami. Entah karena kelewat lelah, kurang tidur karena sibuk membuat kue, dan sebagainya. Celakanya, pada saat-saat seperti itu, dokter langganan tidak praktek. Nah cara-cara berikut ini bisa membantu meringankan rasa sakit yang Anda rasakan.

1. Tenggorokan Gatal.
Anda pasti sangat terganggu bila tenggorokan terasa sangat gatal. Tak perlu pusing-pusing. Cukup garuk telinga! syaraf di bagian telinga terstimulasi dan menciptakan refleks di dalam tenggorokan yang dapat menyebabkan ketegangan pada otot. ketegangan ini melegakan rasa gatal.

2. Telinga berdengung.
Jika telinga berdengung sehingga sulit mendengar, tarik telinga kanan. tetapi bila mencoba mengenali senandung sebuah lagu yang Anda dengar dari kejauhan, tarik telinga kiri ke arah datangnya suara. Telinga kiri lebih peka untuk mengenali nada musik dibanding telinga kanan.

3. Tidak tahan ingin buang air kecil.
Suatu saat Anda tidak tahan ingin buang air kecil tetapi tidak menemukan kamar kecil di sekita Anda berada. Bayangkan artis atau aktor kesayangan Anda. Bayangkan makanan terlezat yang paling mengasyikkan yang pernah Anda nikmati. Percayalah, hal ini mengalihkan perhatian dari keinginan untuk buang air kecil serta megurangi rasa tidak nyaman. Trik ini sangat efektif untuk sementara waktu dan tiba-tiba dapat meningkatkan tekanan pada dada dan tulang anus yang dapat menghambat keinginan untuk buang air kecil. Tapi jangan terlalu sering dilakukan karena Anda bisa kena penyakit ginjal. Gunakan hanya pada saat-saat mendesak.

4. Hidung mampet.
Cara termudah, tercepat, dan termurah mengatasi hidung mampet adalah dengan mendorong lidah ke langit-langit rongga mulut, lalu tekan daerah di antara kedua alis mata dengan satu jari. Hal ini dapat membuka jalan rongga hidung sehingga hidung mampet terbuka, membuat ingus mengalir, dan sesudah 20 menit Anda akan merasa lega.

5. Luka karena api.
Bila luka karena api pada saat sedang memasak, bersihkan bagian kulit yang terkena dan tekan sedikit dengan jari tangan yang tidak terkena. Es dapat mengurangi rasa sakit lebih cepat. Tetapi karena metode alami mengembalikan kulit yang terbakar ke suhu yang normal, kulit menjadi melepuh.

6. Sakit gigi.
Gosokkan es pada punggung telapak tangan dan pada bagian V di antara ibu jari dan jari telunjuk. Penelitian membuktikan, teknik ini mengurangi sakit gigi sebanyak 50% dibandingkan tanpa menggunakan es. Saluran syaraf pada dasar daerah V merangsang salah satu bagian di otak yang menutupi sinyal rasa sakit dari muka sampai tangan.

7. Mengurangi sakit pinggang.
Biasanya kita menghembuskan nafas pada saat kaki kanan menyentak lantai/tanah. Hal ini mengurangi tekanan pada ginjal Anda yang berada di bagian kanan tubuh yang menyentakkan diafragma dan menimbulkan rasa sakit pada pinggang. Untuk mengatasinya, keluarkan nafas pada saat kaki kiri menyentak lantai.

8. Menghentikan mimisan.
Jepit hidung dan miringkan kepala kebelakang. Hal ini merupakan cara terbaik untuk menghentikan mimisan. cara yang lebih sopan adalah dengan meletakkan kapas pada gusi bagian atas, persis di belakang lekukan kecil di bawah hidung. Tekan yang kuat. Biasanya darah berasal dari septum bagian depan. dinding tulang rawan yang memisahkan hidung. Dengan menekan bagian ini dapat membantu menghentikan keluarnya darah.

9. Mengatasi rasa kram.
Bila tiba-tiba tangan terasa kram pada saat sedang mengendarai mobil, gerakkan kepala dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Hal ini akan segera menghilangkan rasa kaku yang di rasakan. Tangan atau lengan yang kram/kaku sering dikarenakan oleh syaraf yang mampet dibagian leher. Jadi, mengendurkan otot leher berarti mengendurkan ketegangan. Tekanan syaraf di bagian bawah tubuh dapat mempengaruhi kaki, oleh karena itu sering-seringlah berdiri dan berjalan kaki setiap beberapa menit.

10. Sakit kepala.
Tekan langit-langit rongga mulut dengan lidah karena syaraf langit-langit rongga mulut sangat dingin dan tubuh menganggap otak juga kedinginan. Semakin kuat Anda menekannya, semakin cepat sakit kepala berkurang.

11. Menenangkan debaran jantung.
Bila jantung berdegup kencang, tiup ibu jari Anda. Syaraf vagus yang memerintahkan denyut jantung dapat dikendalikan melalui tiupan. Hal ini dapat membuat degupan jantung kembali normal.